API Hadiri Upacara Penutupan Tahun Internasional Pertanian Keluarga

Pada 27 November 2014, delegasi Aliansi Petani Indonesia (API) yang diwakili oleh Farida C. Sitorus (Aliansi Petani Siantar Simalungun, APSS), Syukur Fahruddin (Koordinator API Jawa Tengah), dan Ika N. Krishnayanti (staf Hubungan Internasional) menghadiri undangan upacara penutupan Tahun Internasional Pertanian Keluarga 2014 (International Year of Family Farming/IYFF) yang digelar di Hotel Dusit Thani, Manila, Filipina. Perhelatan global yang mengambil tema “Menutup Tahun Pertanian Keluarga, Membuka Jalan Ke Depan” itu disponsori oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (Food and Agriculture Organization/FAO), Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian (International Fund for Agricultural Development/IFAD) dan Program Pangan Dunia (World Food Programme/WFP).

Peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, di antaranya perwakilan FAO, IFAD, WFP, pemerintah dan senator Filipina, Dutabesar IYFF untuk Asia Pasifik dan Afrika, koordinator Panitia Pengarah International IYFF, World Rural Forum (WRF), para petani perwakilan organisasi petani dari Asian Farmers Association (AFA) dan La Via Campesina, dan berbagai organisasi masyarakat lainnya. API bersama organisasi dari 13 negara Asia lainnya hadir sebagai anggota AFA.

Baca juga  HPP Beras 2009 Naik, Jadi Rp 4.600 per Kg

Pada acara tersebut panggung dihiasi berbagai hasil pertanian di Filipina, seperti buah-buahan, tanaman pangan dan perkebunan, serta berbagai jenis sayuran. Penutupan Perayaan Tahun Internasional Pertanian Keluarga di tingkat global itu juga dimeriahkan berbagai kesenian dari berbagai suku yang ada di Filipina. Serangkaian kata sambutan dari beberapa perwakilan organisasi terkait silih berganti disampaikan di atas panggung.

Tulis komentar

About Author: ApiCyber Desk