Aliansi Petani Indonesia

Branding dan Packaging produk pertanian

API-Jakarta, April 2015: Aliansi Petani Indonesia bersama mitra-mitra Veco dari sejumlah daerah telah mengikuti pelatihan bersama, yaitu “Loka Latih tentang Branding dan Packaging” di Jakarta, pada 28-29 April 2015 tepatnya di Kebagusan Guest House Jakarta-selatan.

Merek produk atau organisasi adalah nama, kata, logo, slogan, tanda, simbol ataupun disain dan kombinasi di antaranya, yang ditujukan untuk pengenalan produk atau jasa. Upaya membagun merek/nama tersebut dikenal dengan branding yang dilakukan melalui upaya promosi identitas merek/nama dengan tujuan untuk membantu ataupun mempermudah konsumen/public membedakannya dengan produk sejenis yang dikeluarkan oleh produsen lain. Lebih ideal lagi, ini merupakan proses adalah membangun kepercayaan.

Demikian juga halnya dengan organisasi, branding menjadi sangat penting di tengah dinamisnya situasi politik dan arus informasi yang demikian deras. Banyak organisasi yang serius membangun brand-nya demi meraih kepercayaan masyarakat dan keberlanjutannya. Ada yang membangun diri sebagai organisasi advokasi, ada yang ingin dianggap sebagai think-thank, ada juga yang ingin diposisikan sebagai penjaga alam, dan seterusnya. Sampai pertengahan tahun 1990-an pengelolaan merek berdasarkan 4P (product, place, price and promotion) yang bertujuan untuk merekayasa nilai tambah dari 1 merek. Sedangkan gagasan dari branding organisasisudah terbangun sejak awal dan berimplikasi sampai sektor publik. 

Baca juga  Gerakan Aliansi Reforma Agraria Cianjur

Demikian juga untuk organisasi yang bekerja di sektor publik, seperti LSM, pengemasan (packaging) baik isu maupun produknya harus menjadi pertimbangan utama. Karena kalau tidak, maka isu dan produknya sulit memasuki ruang publik, apalagi dipilih dan digunakan dengan loyal. Dalam memperebutkan ruang publik dan perhatian masyarakat, bagi pembuat kebijakan dan para pihak yang terkait.

Sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kepentingan untuk menyebarkan gagasan  pangan sehat dan menyediakannya kepada konsumen, menjadi penting bagi mitra-mitra VECO Indonesia untuk memahami berbagai  isu yang terkait dengan branding dan packaging, baik pesan maupun produk.

 Semua hal ini membutuhkan ketrampilan dan kepekaan dalam “membaca” dan memahaminya situasi dan kondisi yang ada, serta kreatif dalam membangun brand dan mengemasnya. Untuk itu Perkumpulan Indonesia Berseru dan VECO Indonesia menginisiasi workshop  tentang Branding dan Packaging untuk mengoptimalkan kerja-kerja kampanye bersama.

Baca juga  Diserang Hama, Produksi Padi Lamongan Anjlok

 

 

Tulis komentar

About Author: ApiCyber Desk

Recent Comments

  • Politik Beras dan Beras Politik – INSISTPress { […] Oleh Wahyu Arifin. Sumber: api.or.id/polit ik-beras-dan-be ras-politik – […] }
  • marketing kpr bri syariah jakarta { Thank you for the auspicious writeup. It in reality used to be a enjoyment account it. Look advanced to more brought agreeable from you! By ... } – Nov 28
  • cecil { sekolah lapangan kakao menjadi bagian dari pemberdayaan untuk meningkatkan pngtahuan petani dalam berbudidaya kakao. yang baik dan benar. Harga kakao baik akan ditentukan dengan kualitas ... } – Sep 07
  • Mitra Nasa { Info yang Bagus pak untuk pembuatan fermentasi pakan butuh bahan apa aja pak? Terima Kasih } – Nov 04
  • andi riyanto { Moratorium berpengaruh pada pemberian ijin perkebunan kelapa sawit Kami menyadari kebutuhan pengurusan perijinan perkebunan kelapa sawit pasca moratorium Salam Andi 081288463333,08 18198658 } – Apr 22
  • Eva Novarisma { Selamat malam, Kami adalah organisasi yang perduli tentang perempuan kota Tebingtinggi, dan sering disebut Forum Peduli Perempuan tebingtinggi, salah satu dampingan kami adalah para petani ... } – Feb 20
Mendorong akses pasar petani melalui Pemasaran kolektif!
Translate »