Setelah melalui serangkaian proses panjang dan penuh dinamika. Akhirnya secara aklamasi terpilih kembali Hari Patono sebagai Ketua Umum dan Andi Wibowo sebagai Sekretaris Jenderal Serikat Tani Bengkulu (STaB) untuk masa bakti 2021-2026.

Pada saat penjaringan calon sempat banyak muncul nama calon Ketua dan calon Sekjend misalnya Isurman diusulkan oleh delegasi Bengkulu Selatan sebagai calon Ketua Umum tapi yang bersangkutan belum bersedia.

Sementara untuk calon Sekjend selain Andi Wibowo muncul nama Aprinaldi dan Wawan Ersanovi namun nama keduanya menyatakan tidak bersedia.

“Saya tidak bisa mengelak dari tanggung-jawab dan mandat dari kawan-kawan ini apalagi jika saya ingat wasiat almarhum pak Amri Jausa dan alm pak Kodri Husin mantan Ketua Umum STaB untuk terus membesarkan organisasi STaB ini”, ujar Hari Patono kepada awak media.

Lain lagi penjelasan Andi Wibowo, sosok yang pernah menjadi salah-satu santri terbaik pesantren Almukmin Ngeruki Solo ini bersedia menjadi Sekjend STaB karena melihat langsung penderitaan petani korban Perkebunan Besar dan Pertambangan Besar di Propinsi Bengkulu.

‘Ribuan orang miskin tanpa memiliki tanah sejengkalpun tapi diseberang sana ada segelintir orang yang menguasai ratusan ribu lahan perkebunan dan tambang”, terang Andi Wibowo yang saat ini sedang menyelesaikan skripsi S1 Fakultas Hukum ini.

Tulisan ini pertama kali terbit di https://kabarrafflesia.com/2021/12/sah-hari-patono-dan-andi-wibowo-pimpin-stab/ . Atas izin redaksi kabarrafflesia.com, API memuat tulisan tersebut.