Selasa, 30 November 2010 | 13:55 WIB

TEMPO Interaktif, Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang akan membangun tanggul rob untuk kepentingan DKI Jakarta di Kamal Dadap, Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi. Kawasan itu berbatasan langsung dengan Kamal Muara yang masuk wilayah Jakarta Utara.

“Anggarannya Pemerintah DKI Jakarta yang menanggung, tapi besarannya akan dibicarakan lagi dalam rapat selanjutnya,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Tangerang, Dedi Sutardi, Selasa (30/11).

Dedi mengungkapkan, Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta telah membicarakan masalah program penanggulangan rob tersebut khususnya di titik perbatasan antara Jakarta dan Tangerang seperti yang ada di Kamal Dadap dan Kamal Muara. “Kami sudah diundang untuk membahas dalam pertemuan, tapi sayang pertemuan pertama ditunda, jadi belum ada kesepakatan lebih jauh,” katanya.

Dalam pertemuan nanti, Dedi menyatakan akan mengungkap keberatan Tangerang apabila penanganan rob hanya dilakukan lewat pembuatan tanggul. “Tanggul bukan satu-satunya cara menanggulangi rob. Ini tidak akan efektif,” katanya.

Setidaknya ada tiga hal yang yang akan menjadi pembahasan Kabupaten Tangerang dalam penanggulangan rob bersama DKI Jakarta nantinya. Ketiganya adalah membuat kajian pembangunan tanggul rob agar tanggul yang dibangun tidak berdampak pada lingkungan, rencana relokasi warga yang tinggal di kawasan terkena rob, dan merelokasi bangunan-bangunan yang spesifik. “Usulan-usulan inilah yang nanti akan kami sampaikan ke DKI,” kata Dedi.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, pernah menyatakan kalau upaya pemberantasan rob yang sedang dikerjakan pihaknya akan sia-sia jika tidak didukung Kabupaten Tangerang. Jakarta ditanggul, tapi rob diyakini akan bisa menggenangi wilayah ini lewat aliran sungai di Kabupaten Tangerang.

JONIANSYAH