Tempo – Rabu, 26 Januari

TEMPO Interaktif, Mataram – Sebanyak 3.850 beras asal Vietnam yang diimpor oleh Pemerintah Indonesia untuk keperluan cadangan beras nasional sudah mulai tiba di Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Rabo (26/1). Beras impor ini diangkut Kapal MV Sail 36 berbendera Vietnam.

Kedatangan 3.850 ton beras impor itu, bagian dari 10.000 ton beras impor dengan standar kualitas beras Inpres untuk cadangan di Nusa Tenggara Barat mencapai 10.000 ton.

Saat ini 3.850 beras impor tersebut dalam proses untuk bongkar muat. Selanjutnya akan digudangkan di Dasan Cermen Mataram dan Lembar Lombok Barat. ‘’Saat ini sedang dalam proses bongkar muatnya,’’ kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Perum Bulog Divre NTB Mahmud Zainal kepada Tempo, Rabu (26/1).

Menurut Mahmud, meskipun Provinsi NTB adalah penghasil beras cadangan nasional namun beras impor tersebut tetap dibutuhkan untuk kepentingan nasional. Sebab, menjaga kemungkinan kurangnya persediaan akibat berkurangnya produksi padi karena kendala cuaca. ‘’Ini untuk menjaga kemungkinan seperti yang terjadi tahun 2010 lalu,’’ ujarnya.

Adanya beras impor ini tidak mengubah kebijakan pengadaan beras stock nasional dari NTB.

(sumber:http://id.news.yahoo.com/tmpo/20110126/tbs-3-850-ton-beras-impor-tiba-di-lombok-25f80c9.html)