LENSAINDONESIA.COM: Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (12/10/12), Aliansi Petani Indonesia (API) DPD Jawa Tengah dan Trukajaya Salatiga menggelar semiloka dengan tajuk “Daulat Petani Atas Alat Produksi Langkah Awal Perwujudan Kedaulatan Pangan”, Senin (29/10/12).

Acara yang dilaksanakan di ruang sidang II Pemkot Salatiga ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Rustriningsih, Khamdan Ambari (Badan Pertahanan Nasional Jateng), Ita Sulistiawaty dekan Fakultas Teknik Pertania Unika Semarang, Muhammad Fadil (Seknas API), Abdul Rokhim Mandanganu (Pegiat Tani Jawa Tengah).

Dalam materi yang disampaikan, Rustri mengatakan pemerintah Jawa Tengah juga berupaya untuk menanggulangi krisis pangan dengan program Diversifikasi pangan yang sekarang sedang galak dilakukan pemerintah Jateng.

“Sekarang pemerintah sedang gencar membangun kesadaran kearifan pangan lokal dan menjadikannya produk yang berkualitas, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi terciptanya kedaulatan pangan kita,” paparnya.

Ketua panitia, Syukur Fahrudin (Shondhey) API Jateng, mengatakan sudah saatnya pemerintah bergabung dengan ormas-ormas tani dan masyarakat guna mempersiapkan diri untuk menghadapi krisis pangan dan mewujudkan kedaulatan pangan bagi daerah-daerah yang berpotensi.

Lebih lanjut Shondhey juga mengharapkan agar alat produksi yang menjadi kunci vital bagi petani berupa tanah garapan lebih diperhatikan pemerintah. “Sudah saatnya pemerintah bekerjasama dengan ormas-ormas tani dan juga masyarakat sipil, dalam rangka menghadapi krisis pangan yang melanda dan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan,” tandasnya. @Sigit

Source: http://www.lensaindonesia.com/2012/10/29/aliansi-petani-indonesia-gelar-semiloka-sambut-hari-pangan-dunia.html