The Asian Farmers’ Association for Sustainable Rural Development (AFA) menyelenggarakan Konsultasi Regional bertajuk “Regional Consultation on Global Financial Meltdown and Agricultural Trade Agenda” dalam rangka pertemuan ExeCom AFA, 19-25 Februari 2009 di Bangkok, Thailand. Dalam moment tersebut digelar pula CSO side event to ASEAN Leaders Summit.

Tujuan pokok dari acara tersebut antara lain (1). Memahami penyebab dan dinamika global financial meltdown, menganalisis kemungkinan dan dampak serta efeknya pada pertanian di Asia, serta mengidentifikasi tantangannya bagi petani berladang sempit/gurem. (2). Menetapkan dan menyatakan concern dan usulan AFA terkait ketahanan pangan, petani gurem, dalam kearangka kendali perdagangan yang adil (3). merumuskan agenda perdagangan daerah pertanian yang menguntungkan dan mendorong kesejahteraan kehidupan petani kecil laki-laki dan perempuan di Asia timur dan tenggara. (4). Mendiskusikan dan memutuskan hal-hal penting menyangkut organisasi untuk tahun 2009 (internal).

Datang dalam kesempatan tersebut anggota AFA dari berbagai negara di Asia, termasuk API yang juga merupakan anggota AFA di Indonesia. API memberangkatkan dua delegasi, yakni Sekjend yang baru terpilih kembali pada Munas III beberapa waktu yang lalu, yakni M. Nuruddin, didampingi seorang staff hubungan internasional, Julia Lestari.