Jum’at, 7 Januari 2011 – 13:19 wib
Martin Bagya Kertiyasa – Okezone

JAKARTA – Saat ini pemerintah sedang mencoba all out dengan memberikan perlindungan pada lahan yang terkonsensi dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) yang melarang lahan produksi pertanian dikonversi seperti tahun-tahun sebelumnya untuk melindungi lahan-lahan pertanian.

“Masalah ketahanan pangan itu harus sampai ke daerah-daerah, harus all out. Lahan juga harus kita lindungi jangan ada lahan-lahan yang terkonsensi dan ini PP-nya sudah selesai,” papar Menko Perekonomian Hatta Rajasa kala ditemui di kantornya, Jalan Lapangan banteng, Jakarta, Jumat (7/1/2011).

Dengan demikian, dia melanjutkan, tidak boleh ada lagi lahan-lahan produksi pertanian dikonversi menjadi lahan-lahan yang lain karena itu terlalu tinggi di tahun-tahun kemarin.

Selanjutnya, Hatta berpendapat jika pertanian kita masih harus tumbuh dengan membuka lahan-lahan baru agar ke depannya kesejahteraan petani dapat ditingkatkan dan lahan untuk para petani juga berkembang. Hal tersebut juga agar produksi pangan dapat meningkat sehingga masalah krisis pangan tidak akan terjadi.

“Kita harus tetap tumbuh, pertanian kita dan untuk itu jangka menengah dan panjang adalah membuka lahan-lahan baru, karena dengan lahan baru itulah kita juga bisa meningkatkan kesejahteraan petani. Saat ini petani kita memiliki lahan yang sangat sedikit, itu memang harus kita pikirkan jangka menengah panjangnya,” ungkapnya. (adn)(ade)