Sabtu, 19/02/2011 05:36 WIB
Irwan Nugroho – detikNews

La Paz – Aksi protes juga merebak di belahan bumi Amerika Selatan, tepatnya di Bolivia. Ribuan warga di negara tersebut turun ke jalan untuk memprotes kenaikan harga pangan.

Ribuan orang itu tampak melakukan longmarch di ibukota Bolivia, La Paz, Jumat (18/2/2011). Para demonstran itu rela melakukan aksi di bawah guyuran hujan demi tuntutannya dikabulkan.

Sementara ini, tidak ada laporan jatuhnya korban jiwa dalam demonstrasi tersebut. Hanya beberapa jam saja, demo itu berhasil dibubarkan oleh aparat setempat.

Seperti dikutip dari reuters, protes ini merupakan bentuk kemarahan masyarakat Bolivia terhadap kenaikan harga-harga kebutuhan pokok, khususnya gula.

Bulan lalu, protes pecah di negeri Presiden Evo Morales tersebut setelah pemerintah menghentikan subsidi BBM, yang berakibat meningkatnya biaya distribusi makanan.

Di sisi lain, kenaikan harga pangan memang telah menjadi tren global yang membuat organisasi PBB dan para pengamat pangan khawatir. PBB bahkan memperingatkan, kerusuhan massal seperti halnya di Kairo, Mesir, bisa muncul sebagai dampak krisi pangan tersebut. (irw/irw)