Penulis: Winarto Herusansono | Editor: Glori K. Wadrianto
Senin, 7 Februari 2011 | 15:47 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com – Hama wereng yang menyerang tanaman padi di sentra pertanian Kabupaten Grobogan, Demak dan sekitarnya, ternyata berasal dari Ngawi, Jawa Timur. Migrasi wereng itu berlangsung lewat pasokan pakan ternak, yang dikirim dari Ngawi untuk peternak sapi ke Grobogan dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Tengah, Aris Budiono, Senin (7/2/2011) menjelaskan, pertanian padi di Grobogan jarang sekali terserang hama wereng coklat. Tahun 2010, serangan hama wereng fokus pada pertanian padi di Jateng bagian tengah.

“Hama wereng ikut pindah melalui pakan ternak yang dikirim ke Grobogan. Meski serangan hama wereng tidak sampai meluas, namun dapat menurunkan hasil panen padi petani sampai 40 persen,” ujar Aris Budiono.

Aris Budiono mengatakan, sampai saat ini dampak serangan hama wereng diketahui telah menyebabkan tak kurang 102 hektar tanaman padi yang puso. Namun demikian, luas tanaman yang puso ini relatif kecil dibanding potensi lahan padi di Grobogan yang per tahunnya mencapai 40.000 hektar lebih.

(Sumber:http://regional.kompas.com/read/2011/02/07/15475184/Waspadai.Migrasi.Hama.Wereng.via.Pakan)