Selasa, 1 Maret 2011 – 14:46 wib
Yuni Astutik – Okezone

JAKARTA – Terkait dengan peningkatan produktifitas dan produksi pangan, Indef memberikan rekomendasinya kepada pemerintah.

“Pertama adalah perlindungan kepada petani dan usaha taninya. Bisa dalam bentuk undang-undang atau peraturan pemerintah,” ungkap Direktur Indef Evin Nurafifah saat diskusi Indef dengan tema krisis pangan dan kegagalan negara di Senayan, Jakarta, Selasa (1/3/2011).

Kedua adalah peningkatan kesejahteraan petani melalui pemberian subsidi, jaminan harga yang layak bagi petani produsen, pengamanan pascapanen dan penyehatan tata niaga beras.

Ketiga, penyediaan infrastruktur pertanian yang memadai terutama irigasi, jalan dan sarana transportasi. “Pengembangan pembiayaan pertanian juga penting. Agar terjadi peningkatan akses petani terhadap permodalan, antara lain dalam bentuk bank pertanian, lembaga keuangan pertanian bukan bank, asuransi pertanian, dan sebagainya. Untuk bank pertanian ini sudah dilakukan oleh beberapa negara di Asia Tenggara,” ungkapnya.

Keempat, harus ada stok penyangga ketahanan pangan yang memadai dengan mengutamakan penyerapan dari dalam negeri. Integrasi kebijakan antar sektor juga penting, terutama antara sektor pertanian dan perdagangan.

Kelima sekaligus terakhir, harus ada upaya peningkatan produktivitas pertanian melalui pemberdayaan kelembagaan petani, penyediaan tenaga penyuluh pertanian yang memadai serta perbaikan dan pemberdayaan kelembagaan pemasaran produk yang dihasilkan petani.(wdi)

http://economy.okezone.com/read/2011/03/01/320/430119/320/5-rekomendasi-indef-untuk-ketahanan-pangan