Dilandasi niatan dan semangat untuk mendongkrak peran organisasi dalam mendistribusikan gagasan keberpihakan serta mengartikulasikannya dalam kerja-kerja pemberdayaan petani Indonesia dalam peta politik ekonomi nasional, Seknas API saat ini sedang berbenah dengan sekretariat barunya yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi IV Nomer 45-50, Kelurahan Kebon Manggis Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelumnya, API menempati sekretariat di bangunan kantor milik Bina Desa yang beralamat di Jalan Saleh Abud Otista, Jakarta Timur.

Berpindahnya Sekretariat API ini diharapkan dapat semakin mendorong kemandirian organisasi sebagai salah satu wadah perjuangan petani di tingkat nasional. Selain berfungsi sebagai pusat database, keberadaan sekretariat sendiri memiliki arti penting untuk pelaksanaaan kerja-kerja harian BPH untuk mengawal kepentingan organisasi dan petani pada umumnya.

Secara fisik sekretariat baru tersebut terbilang cukup luas. Terdiri dari dua lantai yang di bagi menjadi ruang kerja harian, aula pertemuan dan penginapan. Letaknya yang berdampingan langsung dengan sungai Ciliwung, selain memberikan nuansa cukup sejuk dikarenakan pepohonan yang tumbuh di area belakang rumah dan bantaran sungai, kawan-kawan Seknas sebaliknya juga berupaya mensetup tata letak kelengkapan seperti komputer, perpustakaan dan bank data,hal mana dimaksudkan untuk berjaga-jaga kalau-kalau terjadi banjir, mengingat letak wilayah yang memang dikenal kenyang banjir.

Kemandirian , yang menjadi titik tekan alasan perpindahan tersebut memiliki arti kunci, bahwa organisasi Petani seperti Aliansi Petani Indonesia, dalam mengimplementasi gagasan dan kepentingan perjuangan petani harus benar benar bersandar pada kebutuhan petani sendiri beserta ruang yang memadai untuk merealisasikannya. Dalam konteks ini, API tidak lagi ‘dianggap’ subordinat baik pada tataran ide maupun strategi perjuangan.

Sementara itu, penataan sumber daya internal organisasi musti juga semakin dimatangkan bersamaan dengan keharusan untuk tetap bekerja secara lebih intensif di tingat basis, jaringan dan akses kebijakan yang menyangkut upaya perbaikan nasib petani.[Lodz]
——————————————–
SEKRETARIAT BARU:
Address : Jl. Slamet Riyadi IV RT 10/04 No. 49-50, Kel. Kebun Manggis, Jatinegara, Jakarta Timur 13150, Indonesia
Phone : +62 21 8564164, Fax : +62 21 8564164
Email : api_bumie@yahoo.co.id, api@aliansi-petani-indonesia.org
Site : www.aliansi-petani-indonesia.org Weblog : www.api-indonesia.co.cc