Jakarta, CNN Indonesia — Solidaritas Petani memberikan dukungannya kepada Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Haris Azhar dengan memberikan caping sebagai lambang kekuatan petani.

Solidaritas petani terdiri dari Serikat Petani Majalengka, Serikat Petani Indramayu, Serikat Petani Karawang, Konsorsium Pembaruan Agraria dan Aliansi Petani Indonesia.

Haris dilaporkan ke Bareskrim Polri dengan tuduhan pelanggaran Pasal 27 ayat 3 Undang Undang Informasi Transaksi Elektronik oleh Badan Narkotika Nasional (BNN), TNI dan Polri. Hal itu terkait dengan tulisannya Cerita Busuk dari Seorang Bandit tentang kesaksian terpidana mati Fredi Budiman soal keterlibatan aparat dalam bisnis narkotik.

Sekretaris Jenderal KPA Iwan Nurdin mengatakan pemberian caping itu sebagai dukungan dari para petani untuk Haris. Dia memaparkan petani akan berada di belakang aktivis tersebut.

“Kami memberikan caping kepada Haris sebagai tanda kami akan berada di belakang dia,” ujarnya di Sekretariat KPA, Jakarta Selatan, Selasa (9/8).

Dia menegaskan apa yang dilakukan oleh Haris merupakan cara untuk menegakkan hukum di Indonesia. Menurutnya, aparat penegak hukum melakukan tindak kriminalisasi sebagai balasan terhadap aktivis yang kritis, demikian pula halnya yang terjadi kepada petani.

Dia menuturkan KontraS sendiri merupakan organisasi yang mendukung perjuangan hak-hak para petani selama ini. “Kami percaya KontraS dan berada untuk Haris Azhar,” tuturnya.

Perwakilan Serikat Petani Majalengka Arianto mengatakan perjuangan Haris dalam mengungkap kebenaran serupa dengan yang dilakukan para petani dalam mempertahankan lahannya. Dia menegaskan dirinya mendukung penuh apa yang dilakukan Haris dalam mengungkap sindikat narkotik.

“Kalau kita takut maka kita akan bodoh, kalau kita bodoh, kita akan sering diinjak-injak,” ucapnya.

Sementara itu, Haris mengucapkan terimakasih atas aksi solidaritas petani. Menurutnya, apa yang dia alami tidak sebanding dengan yang dialami para petani ketika berhadapan dengan aparat.

“Saya merasa malu sekaligus bersyukur karena dukungan ini datang dari teman-teman yang jauh menderita daripada saya,” ucapnya. (asa)

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160809175507-12-150243/dukung-bongkar-sindikat-petani-berikan-caping-ke-haris-azhar/