Rabu, 9 Juni 2010 – 14:07 wib
Candra Setya Santoso – Okezone

JAKARTA – Tak puas hanya mengandalkan bisnis retail saja, PT Sarinah (Persero) bakal melakukan bisnis yang lain dari biasanya kali ini. Ditargetkan, pada kuartal II-2011 perusahaan akan berekpansi ke pengembangan produk cokelat.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan menyiapkan dana cukup besar atas aksi korporasi perusahaan ini, yakni Rp30 miliar-Rp40 miliar.

“Ya dana ini untuk pembangunan pabrik kecil dulu lah. Kita masih kaji kok, tempat saja belum tapi dananya sedang kita cari-cari,” ujar Direktur Pengembangan Usaha Sarinah Mira Amahorseya, saat ditemui wartawan seusai acara konferensi pers, di Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta, Rabu (9/6/2010).

Dana sebesar itu, didapatkan dari pinjaman langsung Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebesar Rp40 miliar. Sementara itu, Direktur Keuangan Sarinah Anang Sundana saat ditemui okezone mengatakan, pihaknya tengah mengkaji beberapa tempat yang layak untuk pembangunan pabrik cokelat tersebut.

“Ada rencana di Sulawesi, tapi di sana sudah ada pabrik serupa kan. Jadi masih dikaji tapi rencana tersebut ada, untuk pemasukan lain dari bisnis kita,” katanya.

Dijelaskan pula, Sarinah selama kuartal I-2010 mendapatkan pendapatan dari beberapa sektor penting, sehingga labanya naik hingga 190 persen.

Pertama, pos perdagangan menyumbangkan pendapatan sebesar 200 persen, pos properti sebesar 100 persen, dan pos ketiga yakni bisnis retail menyumbangkan dana 86 persen saja.

Untuk bisnis minuman keras, tambahnya, hanya memberikan sumbangan kecil di bawah lima persen. “Sayang, saya lupa angka pastinya karena belum bisa dipublikasikan juga berapa jumlahnya,” pungkasnya.(ade)

(http://economy.okezone.com/read/2010/06/09/278/341125/278/sarinah-akan-ekspansi-ke-bisnis-cokelat-rp40-m)