Aliansi Petani Indonesia

Indonesia Fasilitasi Internasional SDG

Senin, 13 Desember 2010 – 18:07 WIB

JAKARTA – Setiap negara mempunyai ketergantungan terhadap negara lain untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya genetik (SDG) tanaman untuk pangan dan pertanian. Monopoli kepemilikan SDG dapat memicu persengketaan internasional. Karena itu, akses terhadap SDG perlu diatur secara multilateral.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbang Kementan) Dr Haryono mengatakan, setelah melakukan pertemuan sebanyak 12 kali, FAO (Food and Agriculture Organization) melalui resolusi 3/2001 kemudian membentuk The International Treaty on Plant Genetic Resources for Food and Agriculture (ITPGRFA) atau Traktat Internasional Sumberdaya Genetik Tanaman untuk Pangan dan Pertanian (TI-SDGTPP).

”Sampai 2009, sebanyak 121 negara serta komunitas Eropa telah meratifikasi perjanjian tersebut. Seluruh negara anggota sudah berkomitmen untuk memasukkan SDGTPP ke dalam sistem multilateral dan para pihak dapat mengakses sistem tersebut,” jelasnya saat didampingi Dr Shakeel Bhatti, sekretaris ITPGRFA FAO dan Dr Karden Mulya, Kepala Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan SDG Pertanian di Gedung Balitbang Pertanian, Jakarta, Senin (13/12/2010).

Baca juga  Inilah Plus-Minus Pemerintah Menahan HPP

Haryono mengatakan, ITPGRFA sudah tiga kali menggelar sidang. Pertama di Spanyol, disusul Roma dan Tunisia. Nah untuk sidang keempat, Indonesia diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah.

”Sidang ini nantinya akan diadakan di Bali antara 14-18 Maret 2011. Diperkirakan 600 peserta dari 150 negara akan hadir. Sebelum digelar sidang keempat terlebih didahului dengan Ministerial Conference on Food Security and Climate Change pada 11 Maret 2011,” ujarnya.

Dalam sidang keempat nanti, kata Haryono, Indonesia akan menunjukkan keberhasilan-keberhasilan pertanian dalam negeri kepada negara peserta. ”Kita juga akan berbicara SDG, teknologi, dan kerjasama,” katanya.

SDG, lanjut Haryono, sangat diperlukan sebagai bahan dasar perakitan varietas yang mampu beradaptasi dengan perubahan iklim. ”Indonesia sendiri sebenarnya terkaya kedua biodiversity SDG setelah Brazil. Karena itu, perlu dimanfaatkan seoptimal mungkin,” tandasnya.

Baca juga  Padi Hasil Riset Nuklir Batan Dipertanyakan

Sejauh ini, menurut Haryono, dalam lima tahun terakhir pihaknya sudah meluncurkan 31 varietas unggul. Varietas itu dibagi menjadi tiga besar di antaranya irigasi dengan nama Impari, kemudian yang terkait dengan rawa, yakni Impara, dan lahan kering disebut Impago. ”Untuk Impari ada 13 varietas, termasuk Impari-13 yang tahan hama wereng,” ungkapnya.

Sementara itu, Dr Shakeel Bhatti mengatakan, meski Indonesia baru menjadi anggota ITPGRFA, tapi bangsa ini sudah menunjukkan keseriusan dan komitmen yang tinggi dalam memanfaatkan SDG. ”Karenanya, Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah ITPGRFA,” katanya.(Sudarsono/Koran SI/ade)

(Sumber : http://economy.okezone.com/index.php/ReadStory/2010/12/13/320/402960/indonesia-fasilitasi-internasional-sdg)

Tulis komentar

About Author: ApiCyber Desk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Comments

  • Politik Beras dan Beras Politik – INSISTPress { […] Oleh Wahyu Arifin. Sumber: api.or.id/polit ik-beras-dan-be ras-politik – […] }
  • marketing kpr bri syariah jakarta { Thank you for the auspicious writeup. It in reality used to be a enjoyment account it. Look advanced to more brought agreeable from you! By ... } – Nov 28
  • cecil { sekolah lapangan kakao menjadi bagian dari pemberdayaan untuk meningkatkan pngtahuan petani dalam berbudidaya kakao. yang baik dan benar. Harga kakao baik akan ditentukan dengan kualitas ... } – Sep 07
  • Mitra Nasa { Info yang Bagus pak untuk pembuatan fermentasi pakan butuh bahan apa aja pak? Terima Kasih } – Nov 04
  • andi riyanto { Moratorium berpengaruh pada pemberian ijin perkebunan kelapa sawit Kami menyadari kebutuhan pengurusan perijinan perkebunan kelapa sawit pasca moratorium Salam Andi 081288463333,08 18198658 } – Apr 22
  • Eva Novarisma { Selamat malam, Kami adalah organisasi yang perduli tentang perempuan kota Tebingtinggi, dan sering disebut Forum Peduli Perempuan tebingtinggi, salah satu dampingan kami adalah para petani ... } – Feb 20
Mendorong akses pasar petani melalui Pemasaran kolektif!
Translate »